PENYETELAN JARAK
RENGGANG KLEP
T UJUAN :
1.
agar tekanan kompresi tetap stabil
2.
untuk menghilangkan suara berisik mesin apabila klep dalam keadaan longgar
" JARAK RENGGANG KLEP DIPERLUKAN UNTUK MENGATASI PERUBAHAN RENGGANG
KLEP , AKIBAT PANAS YANG DIKELUARKAN DARI RUANG BAKAR."
- CARA
PENYETELAN JARAK RENGGANG KLEP
- Lepaskan busi agar lebih ringan dalam mencari TOP kompresi
- lepaskan cylinder head cover dengan cara :
1. lepas bolt head cover berikut dengan rubber mounting
2. lepas cover head cylinder, beserta gasket dan dowel pin nya
CATATAN : “PERIKSA TERLEBIH DAHULU COVER HEAD CYLINDER
DAN TUTUP KLEP SEBELUM MEMBUKANYA, DARI KEMUNGKINAN
OLI MREMBES/BOCOR”
Penyebab :
- baut tutup klep kurang kencang
- tutup klep tidak rata
- seal tutup klep bantat
- seal tutup klep terjempit
- Buka cap generator beserta o-ring nya
# Pada motor blade/revo 11o :
Tepatkan
tanda TOP pada sprockets sehingga sejajar dengan permukaan bagian atas
head cylinder , masukan transmisi pada gigi 3 atau 4 kmudian putar roda berlawanan
arah jarum jam.
head cylinder , masukan transmisi pada gigi 3 atau 4 kmudian putar roda berlawanan
arah jarum jam.
#
Pada type matic :
(sama dengan type blade) kemudian tekan kick starter sedikit demi sedikit
# Pada supra series/grand/legenda/karisma
(sama dengan type blade) kemudian tekan kick starter sedikit demi sedikit
# Pada supra series/grand/legenda/karisma
putar fly wheel ., kemudian tepatkan tanda “T”
pada rotor magnit dengan tanda pada
rotor crank casecover left
rotor crank casecover left
-
Pastikan posisi piston berada pada langkah
kompresi (TMA). Posisi ini dapat dipastikan dengan memastikan ada kelonggaran
pada ROCKER ARM
CATATAN :
" PADA SISTEM YANG MENGGUNAKAN SISTEM DEKOMPRESI, POSISI CRANK
SHAFT TIDAK BOLEH DI PUTAR KE ARAH KANAN, PADA SAAT
MENEMPATKANPISTON PADA POSISI TOP KOMPRESI".
SHAFT TIDAK BOLEH DI PUTAR KE ARAH KANAN, PADA SAAT
MENEMPATKANPISTON PADA POSISI TOP KOMPRESI".
Sistem dekompresi yaitu sistem pembocoran kompresi untuk
memperingan tekanan
kaki pada saat melakukan startring.
Pada HONDA sistem ini dinamakan SISTEM ADS (automatic decompression sistem
CARA KERJA ADS :
kaki pada saat melakukan startring.
Pada HONDA sistem ini dinamakan SISTEM ADS (automatic decompression sistem
CARA KERJA ADS :
1. sewaktu engine di matikan , poros engkol masih berputar mendorong piston
melakukan langkah kompresi.
melakukan langkah kompresi.
2. sewaktu piston mendekati TMA , tekanan kompresi sudah
cukup tinggi,dan
piston berhenti sesaat.
piston berhenti sesaat.
3. tekanan piston yang cukup tinggi kemudian mendorong
piston kebawah. Pada
engine lain,piston akan didorong kembali ke TMB. Tetapi pada engine ADS tidak
demikian halnya, decompression cam akan mendorong/membuka katup buang,
sehingga tekanan kompresi tadi tidak lagi mendorong piston kebawah, melainkan
terbuang ke knalpot.
engine lain,piston akan didorong kembali ke TMB. Tetapi pada engine ADS tidak
demikian halnya, decompression cam akan mendorong/membuka katup buang,
sehingga tekanan kompresi tadi tidak lagi mendorong piston kebawah, melainkan
terbuang ke knalpot.
TIGA MACAM ADS :
1. ADS dengan sistem konfensional (ASTREA 800 , SUPRA 100)
2. ADS dengan sistem plunger (KIRANA, KARISMA, SUPRA X 125)
3. ADS dengan sistem decompression weight (VARIO)
- Lakukan penyetelan jarak renggang klep
CARA PENYETELAN DAPAT DI LAKUKAN SBB:
1. longgarkan mur pengikat (lock nut)
2. putar adjusting screw kearah merenggang secukupnya
3. masukan feeler gauge dengan ukuran standard sesuai type
4. penyetelan dianggap benar apabila feeler gauge ditarik
agak seret
5. kencangkan kembali mur pengikat bila kerenggangan sudah
tepat, dengan posisi feeler gauge
masih terpasang
masih terpasang
6. periksa kembali hasil penyetelan, karnena pada saat
mengencangkan mur pengikat, bisa
merubah adjusting screw.
merubah adjusting screw.
STANDAR JARAK RENGGANG KLEP
Type mesin renggang IN renggang EX
mesin 100cc 0,05 mm 0,05 mm
mesin125cc-cub 0,03 mm 0,03 mm
cs1 0,06 mm 0,27 mm
vario 0,16 mm 0,25 mm
beat 0,14 mm 0,14 mm
tiger,mega pro
blade, revo 0.1 mm 0,1 mm
pcx, supra helm in
Type mesin renggang IN renggang EX
mesin 100cc 0,05 mm 0,05 mm
mesin125cc-cub 0,03 mm 0,03 mm
cs1 0,06 mm 0,27 mm
vario 0,16 mm 0,25 mm
beat 0,14 mm 0,14 mm
tiger,mega pro
blade, revo 0.1 mm 0,1 mm
pcx, supra helm in
EFEK PENYTETELAN KLEP YANG BERLEBIH TERLALU RAPAT :
-motor susah dihidupkan
- tnaga kurang
- bisa menyebabkan klep bengkok
TERLALU RENGGANG
-Timbul suara berisik
- mesin cepat panas
-BB jadi boros
- pembakaran kurang maksimal
PERHATIAN :
" Pemeriksaan dan penyetelan jarak renggang klep di anjurkan
pada saat kondisi mesin dalam keadaan dingin dibawah 35 derajat celcius".
Pasang kembali komponen yang kita bongkar dengan urutan
berlawanan.
Hati hati dalam pengencangan baut cover head cylinder,
jangan melewati kekencangan berlebih, karena baut bisa patah.
Setelah melakukan penyetelan kerenggangan klep, lanjutkan
dengan memeriksa/ cek tekanan kompresi
LAKUKANLAH PENYETELAN DENGAN BAIK
SEMOGA BERMANFAAT
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar