KELENGKAPAN MESIN DIESEL
Cylinder Block dan Cylinder Liner
Cylinder block terbuat dari besi tuang dan berfungsi untuk dudukan komponen-komponen mesin dan terdapat water jacket untuk tempat aliran air pendingin. Cylinder liner adalah silinder yang dapat dilepas Cylinder liner dibagi menjadi 2 tipe : dry type dan wet type.
Cylinder Block dan Cylinder Liner
Cylinder block terbuat dari besi tuang dan berfungsi untuk dudukan komponen-komponen mesin dan terdapat water jacket untuk tempat aliran air pendingin. Cylinder liner adalah silinder yang dapat dilepas Cylinder liner dibagi menjadi 2 tipe : dry type dan wet type.
Katup
Katup terbuat dari baja khusus(special steel). karena katup berhubungan
dengan tekanan dan temperatur tinggi.Pada umumnya katup masuk lebih
besar dari katup buang.
Agar katup menutup rapat padadudukannya, maka permukaansudut katup (valve face angle) dibuat pada 44,5° atau 45,5°.
Agar katup menutup rapat padadudukannya, maka permukaansudut katup (valve face angle) dibuat pada 44,5° atau 45,5°.
Pegas Katup
Pegas katup (valve spring) digunakan untuk menutup katup.
Pada umumnya mesin menggunakan
1 pegas untuk tiap katupnya, tetapi ada juga yang menggunakan 2 pegas.
Penggunaan pegas yang jarakpitch-nya berbeda (uneven pitch
spring) / pegas ganda (double spring )adalah untuk mencegah
katup melayang.
Katup melayang adalah gerakan katup yang tidak seirama dengan gerakan cam saat putaran tinggi.
Pegas dengan jarak pitch berbeda tipe asymetrical dipasang
dengan bagian yang lebih renggang pada posisi atas.
Pada umumnya mesin menggunakan
1 pegas untuk tiap katupnya, tetapi ada juga yang menggunakan 2 pegas.
Penggunaan pegas yang jarakpitch-nya berbeda (uneven pitch
spring) / pegas ganda (double spring )adalah untuk mencegah
katup melayang.
Katup melayang adalah gerakan katup yang tidak seirama dengan gerakan cam saat putaran tinggi.
Pegas dengan jarak pitch berbeda tipe asymetrical dipasang
dengan bagian yang lebih renggang pada posisi atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar