Sobat otomotif semua tentunya sudah pada kenal dengan yang namanya rem yang terdapat baik pada kendaraan roda dua ataupun empat.
Secara umum rem bisa diartikan adalah sebuah peranti/alat yang digunakan
untuk memperlambat atau bahkan menghentikan laju gerkan roda. Karena
roda di perlambat maka, secara otomatis gerkan kendaraan menjadi lambat.
Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah
menjadi panas karena gesekan. Pada rem generatif, sebagian energi ini
pula dapat dipulihkan dan disimpan dalam roda gila ( Flywheel ), kapasitor, atau diubah menjadi arus bolak-balik oleh suatu alternator yang selanjutnya dilakukan melalui suatu penyearah ( rectifier ) dan disimpan dalam baterai untuk pengguna lain.
Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat 2 kecepatan ( E=1/2 m.v2
). Ini artinya bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat 2 kali,
ia memiliki 4 kali lebih banyak energi. Rem harus membuang 4 kali lebih
banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya jarak yang
dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh.
Sistem rem dalam teknik otomotif ialah suatu sistem yang memiliki fungsi untuk :
Sistem rem dalam teknik otomotif ialah suatu sistem yang memiliki fungsi untuk :
- Mengurangi kecepatan kendaraan.
- Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan dan,
- Menjaga kendaraan agar tetap berhenti.
- Pedal rem atau tuas rem
- Penguat atau Booster
- Silinder master ( Master cylinder ) dan,
- Saluran pengereman atau Kabel ( lines )
SISTEM PENGEREMAN
Rem drum : adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu
rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar
gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik maka, sepatu rem di
buat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi. Rem drum
memiliki kelemahan jika terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik
karena koefisien gesek berkurang secara significant. Oleh karena itu
parts ini mulai ditinggalkan dalam dunia otomotif dan kemudian
menggantinya dengan rem cakram.
Rem cakram :
adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Cara
kerja rem ini ialah dengan cara menjepit cakram yang biasanya
dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem ( brake pads
) ke cakram. Rem ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor dan
juga sepeda. Sementara pada mobil balap, bahan yangdigunakan biasanya
dikeramik agar lebih tahan panas yang ditimbulkan selama proses
pengereman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar