Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan
pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin
yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang
berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Klo begini ongkos
bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di
kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp.
150.000,-
Tapi inget, harus
optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang
dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN
BERGARANSI! — > 1 bulan.
Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!
0 komentar:
Posting Komentar