Get paid to share your links!
KREATIF ANAK MESIN

Jumat, 25 April 2014

Kamis, 24 April 2014

BAB II TERMODINAMIKA

PERPAN

PERPINDAHAN PANAS

Selasa, 22 April 2014

Penyetelan jarak renggang klep


PENYETELAN JARAK RENGGANG KLEP
 
 
 
 T UJUAN :
 1. agar tekanan kompresi tetap stabil
 2. untuk menghilangkan suara berisik mesin apabila klep dalam keadaan longgar
" JARAK RENGGANG KLEP DIPERLUKAN UNTUK MENGATASI PERUBAHAN RENGGANG KLEP , AKIBAT PANAS YANG DIKELUARKAN DARI RUANG BAKAR."
  • CARA PENYETELAN  JARAK RENGGANG KLEP
      - Lepaskan busi agar lebih ringan dalam mencari TOP kompresi
      - lepaskan cylinder head cover dengan cara :
       
    1. lepas bolt head cover berikut dengan rubber mounting
                    2. lepas cover head cylinder, beserta gasket dan dowel pin nya

                        CATATAN :  “PERIKSA TERLEBIH DAHULU COVER HEAD CYLINDER
                        DAN TUTUP KLEP SEBELUM MEMBUKANYA, DARI KEMUNGKINAN
                        OLI MREMBES/BOCOR”
                               Penyebab :
                                 - baut tutup klep kurang kencang
                                 - tutup klep tidak rata
                                 - seal tutup klep bantat
                                 - seal tutup klep terjempit
   -  Buka cap generator beserta o-ring nya
          # Pada motor blade/revo 11o :
                      Tepatkan tanda TOP pada sprockets sehingga sejajar dengan permukaan bagian atas
                       head cylinder , masukan transmisi pada gigi 3 atau 4 kmudian putar  roda berlawanan
                       arah jarum jam.
         #  Pada type matic :
           (sama dengan type blade) kemudian tekan kick starter  sedikit demi sedikit
   # Pada supra series/grand/legenda/karisma
                       putar fly wheel ., kemudian tepatkan tanda “T” pada rotor magnit dengan tanda pada
                       rotor crank casecover left
 -   Pastikan posisi piston berada pada langkah kompresi (TMA). Posisi ini dapat dipastikan dengan memastikan ada kelonggaran pada ROCKER ARM
             CATATAN :
                  " PADA SISTEM YANG MENGGUNAKAN SISTEM DEKOMPRESI, POSISI CRANK
                  SHAFT  TIDAK BOLEH DI PUTAR KE ARAH KANAN, PADA SAAT
                  MENEMPATKANPISTON PADA POSISI  TOP KOMPRESI".
                         Sistem dekompresi yaitu sistem pembocoran kompresi untuk memperingan tekanan
                       kaki pada saat melakukan startring.
                       Pada HONDA sistem ini dinamakan SISTEM ADS (automatic decompression sistem
                      
                       CARA KERJA ADS :
                            1. sewaktu engine di matikan , poros engkol masih  berputar mendorong piston
                                melakukan langkah kompresi.
                            2. sewaktu piston mendekati TMA , tekanan kompresi sudah cukup tinggi,dan
                                piston berhenti sesaat.
                            3. tekanan piston yang cukup tinggi kemudian mendorong piston kebawah. Pada
                                engine lain,piston akan didorong kembali ke TMB. Tetapi pada engine ADS tidak
                                demikian halnya, decompression cam akan mendorong/membuka katup buang,
                                sehingga tekanan kompresi tadi tidak lagi mendorong piston kebawah, melainkan
                                terbuang ke knalpot.
                        TIGA MACAM ADS :
                            1. ADS dengan sistem konfensional (ASTREA 800 , SUPRA 100)
                            2. ADS dengan sistem plunger (KIRANA, KARISMA, SUPRA X 125)
                            3. ADS dengan sistem decompression weight (VARIO)
        
- Lakukan penyetelan jarak renggang klep
    CARA PENYETELAN DAPAT DI LAKUKAN SBB:
        1. longgarkan mur pengikat (lock nut)
        2. putar adjusting screw kearah merenggang secukupnya
        3. masukan feeler gauge dengan ukuran standard sesuai type
        4. penyetelan dianggap benar apabila feeler gauge ditarik agak seret
        5. kencangkan kembali mur pengikat bila kerenggangan sudah tepat, dengan posisi feeler gauge
            masih terpasang
        6. periksa kembali hasil penyetelan, karnena pada saat mengencangkan mur pengikat, bisa
            merubah adjusting screw.
    STANDAR JARAK RENGGANG KLEP
          Type mesin                      renggang IN            renggang EX
       mesin 100cc                           0,05 mm                 0,05 mm
       mesin125cc-cub                     0,03 mm                 0,03 mm
       cs1                                          0,06 mm                 0,27 mm
       vario                                       0,16 mm                 0,25 mm
       beat                                         0,14 mm                 0,14 mm
       tiger,mega pro
       blade, revo                               0.1 mm                  0,1 mm
       pcx, supra helm in


  EFEK PENYTETELAN KLEP YANG BERLEBIH TERLALU  RAPAT :
       -motor susah dihidupkan
       - tnaga kurang
       - bisa menyebabkan klep bengkok
   TERLALU RENGGANG
      -Timbul suara berisik
      - mesin cepat panas
      -BB jadi boros
      - pembakaran kurang maksimal

PERHATIAN :
      " Pemeriksaan dan penyetelan jarak renggang klep di anjurkan pada saat kondisi mesin dalam keadaan dingin dibawah 35 derajat celcius".
  Pasang kembali komponen yang kita bongkar dengan urutan berlawanan.
Hati hati dalam pengencangan baut cover head cylinder, jangan melewati kekencangan berlebih, karena baut bisa patah.
Setelah melakukan penyetelan kerenggangan klep, lanjutkan dengan memeriksa/ cek tekanan kompresi

LAKUKANLAH PENYETELAN DENGAN BAIK

SEMOGA BERMANFAAT

TERIMA KASIH

Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak

Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya
  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Klo begini ongkos bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-
Tapi inget, harus optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN BERGARANSI! — > 1 bulan.
Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!

CARA MEMBONGKAR MESIN MOTOR

1. siapin alat-alatnya
 
  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
 
  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!