Get paid to share your links!
2013-09-22 ~ KREATIF ANAK MESIN

Kamis, 26 September 2013

Winrar crystal penguin Free Download - BrotherSoft

Download Software Video Converter Terbaru Full Version | Free Download Software |  Format Factory | Video Converter - Ada software baru nihh, khusus bagi yang suka convert - convert video, audio atau pun gambar sekarang sudah di paketin dalam satu tool, nama toolnya adalah Format Factory, dengan software / tool ini sobat bisa mengconvert segala jenis ekstensi audio - video maupun gambar, lengkap banget kan? Meski gak ada habisnya kalau ngomongin masalah video, mulai dari gimana cara lihat video di internet, cara download video, cara meng-convertnya dan lain lain, ya semua itu karena semakin banyaknya situs situs tempat nonton video, dan juga banyak sekali program - program yang menangani seputar video dan untuk sekarang ini saya coba perkenalkan buat sobat yang belum kenal, dan KBG kasih info versi terbarunya buat yang sudah menggunakannya, program apa yang akan saya share hari ini? Video Converter, program gratisan yang bisa sobat gunakan untuk men-download dan mengconvert video tanpa perlu Serial Number untuk Registrasi,...
Cara menggunakannya pun juga sangat simple dan mudah, sobat tinggal menambah video atau Add Video, kalau memang videonya sudah ada di Komputer sobat, lalu pada bagian menu Profile anda tinggal pilih mau di convert ke dalam format apa, selanjutnya sobat tinggal klik Convert.


 


Download Video Converter

Software ini bersifat freeware atau bebas didistribusikan, meski ada tool sejenis yang nama nya “total video converter” software Formatfactory ini gak kalah hebat, kalo total video converter bisa convert cuman audio dan video, dengan format factory ini kita bisa juga convert gambar. lengkap banget kan, udah gitu freeware lagi, nah kalo sobat mau coba softwarenya,

 

DOWNLOAD 

 

..:: Features Software Video Converter ::..
  1. Video Converter   
    Convert video between almost any formats: AVI (DivX, XviD, MS MPEG-4, Uncompressed, Cinepak and other), MPEG (MPEG-1 and MPEG-2 Video, VCD and SVCD, PAL, and NTSC), MPEG-4 format (iPhone, iPad, MP4, IPOD, Mobile, PSP, Zune, MOV 7, M4V), H.263, H.264, HD-Video, 3GP, 3G2, WMV, ASF, QuickTime (MOV, QT), FLV, SWF, Real Video (RM, RMVB), DAT.
  2. FLV Video Converter
    Convert FLV video (eg. You tube video) files to video/audio format supported by Videozilla.
  3. IPhone/iPad/MP4/IPOD/Mobile/PSP/Zune Video Converter
    Convert video files for your iPhone, iPad, IPOD, Mobile, PSP, Zune or any other MP4 devices.
  4. 3GP Video Converter (Convert video files for your mobile device)
  5. Video to Audio Converter (Save audio streams as audio MP3 or WAV)
  6. Flash Video Converter    
    Convert video files to Flash 8 (SWF, FLV), Flash MX (SWF, FLV), Flash 3-6, or Flash Vector SWF.
  7. Command-line based Video Converter
    Convert between popular video formats via command-line.
  8. Right-click Convert
    Easiest way to convert video file(s). Just right-click and convert.
  9. Video Player (Screenshot)
    Support playback of all popular video formats. FLV video playback is also supported.

 

( 21mb ) Software Format Factory ]>>
Download Software Total Video Converter ]>>

Semoga Download Software Video Converter Terbaru Full Version | Free Download Software |  Format Factory | Video Converter bisa bermanfaat buat sobat, jangan lupa tambahkan jaringan teman di Kolom Blog GRATIS,...

Turbin Uap (Pendahuluan)

Turbin uap merupakan suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial uap menjadi energi kinetik dan energi kinetik ini selanjutnya diubah menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin, lansung atau dengan bantuan roda gigi reduksi, dihubungkan dengan mekanisme yang akan digerakkan. Tergantung pada jenis mekanisme yang digunakan, turbin uap dapat digunakan pada berbagai bidang seperti pada bidang industri, untuk pembangkit tenaga listrik dan untuk transportasi. Pada proses perubahan energi potensial menjadi energi mekanisnya yaitu dalam bentuk putaran poros dilakukan dengna berbagai cara.

Turbin uap modern pertama kali dikembangkan oleh Sir Charles Parsons pada tahun 1884. Pada perkembangannya, turbin uap ini mampu menggantikan peranan dari kerja mesin uap piston torak. Hal ini disebabkan karena turbin uap memiliki kelebihan berupa efisiensi termal yang besar dan perbandingan berat dengan daya yang dihasilkan yang cukup tinggi. Pada prosesnya turbin uap menghasilkan gerakan rotasi, sehingga hal ini sangat cocok digunakan untuk menggerakkan generator listrik. Pada saat ini, sudah hampir 80% pembangkit listrik diseluruh dunia telah menggunakan turbin uap.

 

 

 

 

Secara umum turbin uap dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu turbin impuls, reaksi dan gabungan. Penggolongan ini berdasarkan cara mendapatkan perubahan energi potensial menjadi energi kinetik dari semburan uapnya.

 

 

Turbin Impuls VS Turbin Reaksi (untuk lebih jelas, klik pada gambar)

Adapun turbin impuls mengubah energi potensial uapnya menjadi energi kinetik didalam nosel (yang dibentuk oleh sudu-sudu diam yang berdekatan). Nosel diarahkan kepada sudu gerak. Didalam sudu-sudu gerak, energi kinetik diubah menjadi energi mekanis. Energi potensial uap berupa ekspansi uap, yang diperoleh dari perubahan tekanan awal hingga tekanan akhirnya di dalam sebuah nosel atau dalam satu grup nosel yang ditempatkan didepan sudu-sudu cakram yang berputar. Penurunan tekanan uap didalam nosel diikuti dengan penurunan kandungan kalornya yang terjadi didalam nosel.  Hal ini menyebabkan naiknya kecepatan uap yang keluar dari nosel (energi kinetik). Kemudian energi kecepatan semburan uap yang keluar dari nosel yang diarahkan kepada sudu gerak (sudu-sudu cakram yang berputar) memberikan gaya impuls pada-pada sudu gerak sehingga menyebabkan sudu-sudu gerak berputar (melakukan kerja mekanis).

Atau bisa dafahami secara sederhana pronsip kerja dari turbin impuls yaitu turbin yang proses ekspansi lengkap uapnya hanya terjadi pada kanal diam (nosel) saja, dan energi kecepatan diubah menjadi kerja mekanis pada sudu-sudu turbin. Kecepatan uap yang keluar dari turbin jenis ini bisa mencapai 1200/detik. Turbin jenis ini pertama kali dibuat oleh de Laval, yang mana turbin ini mampu beroperasi pada putaran 30.000rpm. Pada aplikasinya turbin impuls ini dilengkapi dengan roda gigi reduksi untuk memindahkan momen putar ke mekanisme yang akan digerakkan seperti generator listrik.

Turbin reaksi yaitu turbin yang ekspansi uapnya tidak hanya terjadi pada laluan-laluan sudu pengarah (nosel) yang tetap saja tetapi juga terjadi pada laluan sudu gerak (sudu-sudu cakram yang berputar), sehingga terjadi penurunan keseluruhan kandungan kalor pada semua tingkat sehingga terdistribusi secara seragam. Turbin yang jenis ini umumnyan digunakan untuk kepentingan industri. Kecepatan uap yang mengalir pada turbin (yang biasanyan nekatingkat)  lebih rendah yaitu sekitar 100 – 200 m/detik.

 

Konstruksi Dan Prinsip Kerja Starting Motor

Starting motor merupakan komponen vital dalam starting sistem. Karena tanpa adanya starting motor, engine tidak dapat hidup. Seperti halnya motor listrik lainnya, starting motor mengubah tenaga listrik battery menjadi tenaga mekanis putaran. Fungsi starting motor adalah untuk menggerakkan flywheel untuk  menghidupkan engine.

Konstruksi starting motor dapat dilihat pada gambar di bawah 


Prinsip kerjanya dapat dijelaskan sebagai berikut
Ketika starting switch posisikan START, maka jalannya arus adalah :
   
  C - Hold in coil 1 - ground


  


  C - Pull in coil 2 - field coil - armature - ground

Kemagnetan yang terjadi mampu melawan spring 4, menarik plunger 3   sehingga terminal B - M berhubungan. Saat terminal B - M berhubungan pull   in coil 2 tidak bekerja, sedangkan hold in coil bekerja untuk mempertahankan   agar terminal B - M tetap berhubungan.

Dengan adanya mekanisme shift lever, maka saat plunger bergerak pada   pinion gear akan bergerak maju. Sedangkan pada field coil timbul medan   magnet sehingga saat armature mendapat arus akan di dapat gerakan   berputar ( kopel ) untuk memutar engine. 

Pengenalan Cara Kerja Belt Conveyor Dan Bagian - Bagiannya

Belt conveyor dapat digunakan untuk mengengkut material baik yang berupa “unit load” atau “bulk material” secara mendatar ataupun miring.
Yang dimaksud dengan “unit load” adalah benda yang biasanya dapat dihitung jumlahnya satu per satu, misalnya kotak, kantong, balok dll. Sedangkan Bulk Material adalah material yang berupa butir-butir, bubuk atau serbuk, misalnya pasir, semen dll.


Bagian – bagian terpenting Belt conveyor adalah :

a. Belt : Fungsinya adalah untuk membawa material yang diangkut.
b. Idler : Gunanya untuk menahan atau menyangga belt.
Menurut letak dan fungsinya maka idler dibagi menjadi :
  • 1. Idler atas yang digunakan untuk menahan belt yang bermuatan.
  • 2. Idler penahan yaitu idler yang ditempatkan ditempat pemuatan.
  • 3. Idler penengah yaitu yang dipakai untuk menjajaki agar belt tidak bergeser dari jalur yang seharusnya.
  • 4. Idler bawah Idler balik yaitu yang berguna untuk menahan belt kosong.
c. Centering Device : Untuk mencegah agar belt tidak meleset dari rollernya.
d. Unit Penggerak (drive units) : Pada Belt conveyor tenaga gerak dipindahkan ke belt oleh adanya gesekan antara belt dengan “plulley” penggerak (drive pully), karena belt melekat disekeliling pully yang diputar oleh motor.
e. Pemberat (take-ups or counter weight) : Yaitu komponen untuk mengatur tegangan belt dan untuk mencegah terjadinya selip antara belt dengan pully penggerak, karena bertambah panjangnya belt.
f. Bending the belt
Alat yang dipergunakan untuk melengkungkan belt adalah
  • - Pully terakhir atau pertengahan
  • - Susunan Roller-roller
  • - Beban dan adanya sifat kelenturan belt.
g. Pengumpan (feeder) : Adalah alat untuk pemuatan material keatas belt dengan kecepatan teratur.   
h. Trippers : Adalah alat untuk menumpahkan muatan disuatu tempat tertentu.   
i. pembersih Belt (belt-cleaner) : Yaitu alat yang dipasang di bagian ujung bawah belt agar material tidak melekat pada belt balik.
j. Skirts : Adalah semacam sekat yang dipasang dikiri kanan belt pada tempat pemuatan (loading point) yang gterbuat dari logam atau kayun dan dapat dipasang tegak atau miring yang gunanya untuk mencegah terjadinya ceceran.
k. Holdback : Adalah suatu alat untuk mencegah agar Belt conveyor yang membawa muatan keatas tidak berputar kembali kebawah jika tenaga gerak tiba-tiba rusak atau dihentikan.
l. Kerangka (frame) : Adalah konstruksi baja yang menyangga seluruh susunan belt conveyor dan harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga jalannya belt yang berada diatasnya tidak terganggu.
m. Motor Penggerak : Biasanya dipergunakan motor listrik untuk menggerakkan drive pulley. Tenaga (HP) dari motor harus disesuaikan dengan keperluan, yaitu :
  • 1. Menggerakkan belt kosong dan mengatasi gesekan-gesekan anatara idler dengan komponen lain.
  • 2. Menggerakkan muatan secara mendatar.
  • 3. Mengankut muatan secara tegak (vertical).
  • 4. Menggerakkan tripper dan perlengkapan lain.
  • 5. Memberikan percepatan pada belt yang bermuatan bila sewaktu-waktu diperlukan.

PENGERTIAN DAN CARA KERJA MESIN 4 TAK, 2 TAK

PENGERTIAN DAN CARA KERJA MESIN 4 TAK, 2 TAK 

 

4 TAK

Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).

Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder.  Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
Prosesnya adalah ;
  1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
  2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder
  3. Kruk As berputar 180 derajat
  4. Noken As berputar 90 derajat
  5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
—————————————————————————————————————————————–
LANGKAH KOMPRESI
Langkah Kompresi
Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel.
Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA
  2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup
  3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber)
  4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran
  5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat)
  6. Noken as mencapai 180 derajat

LANGKAH TENAGA
Langkah Tenaga
Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
  2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB
  3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
  4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
  5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
  6. Putaran Noken As 270 derajat
 LANGKAH BUANG
Exhaust stroke
Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini harus dilakukan dengan total, dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan.
Prosesnya adalah :
  1. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA
  2. Klep Ex terbuka Sempurna, Klep Inlet menutup penuh
  3. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot
  4. Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat)
  5. Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat)
—————————————————————————————————————————————–
FINISHING PENTING — OVERLAPING
Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap.
Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja.
manfaat dari proses overlaping :
  1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
  2. Pendinginan suhu di ruang bakar
  3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
  4. memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar
 2 TAK 
Animasi cara kerja mesin dua tak.

Prinsip kerja

Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
  • TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
  • TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
  • Ruang bilas yaitu ruangan dibawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft), sering disebut dengan bak engkol (crankcase) berfungsi gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas bisa tercampur lebih merata.
  • Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.

Langkah kesatu

Piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar

Langkah kedua

Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  1. Pada saat piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. (Lihat pula:Sistem bahan bakar)
  2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna.

Perbedaan desain dengan mesin empat tak

  • Pada mesin dua tak, dalam satu kali putaran poros engkol (crankshaft) terjadi satu kali proses pembakaran sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua kali putaran poros engkol.
  • Pada mesin empat tak, memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam bekerja dengan fungsi membuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan, sedangkan pada mesin dua tak, piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan. Pada awalnya mesin dua tak tidak dilengkapi dengan katup, dalam perkembangannya katup satu arah (one way valve) dipasang antara ruang bilas dengan karburator dengan tujuan :
    1. Agar gas yang sudah masuk dalam ruang bilas tidak kembali ke karburator.
    2. Menjaga tekanan dalam ruang bilas saat piston mengkompresi ruang bilas.
  • Lubang pemasukan dan lubang pembuangan pada mesin dua tak terdapat pada dinding silinder, sedangkan pada mesin empat tak terdapat pada kepala silinder (cylinder head). Ini adalah alasan paling utama mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan mesin dua tak

Dibandingkan mesin empat tak, kelebihan mesin dua tak adalah :
  1. Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
    • Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
  3. Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
Meskipun memiliki kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama mobil karena memiliki kekurangan.

Kekurangan mesin dua tak

Kekurangan mesin dua tak dibandingkan mesin empat tak
  1. Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
    • Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua tak lebih tinggi dibandingkan mesin empat tak.
  3. Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk langsung ke lubang pembuangan.
  4. Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.

PENGERTIAN PENGELASAN

PENGERTIAN PENGELASAN


Pendahuluan
Definisi pengelasan menurut DIN (Deutsche Industrie Normen) adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Dengan kata lain, las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Dalam proses penyambungan ini adakalanya disertai dengan tekanan dan material tambahan (filler material)

Teknik pengelasan secara sederhana telah diketemukan dalam rentang waktu antara 4000 sampai 3000 SM. Setelah energi listrik dipergunakan dengan mudah, teknologi pengelasan maju dengan pesatnya sehingga menjadi sesuatu teknik penyambungan yang mutakhir. Hingga saat ini telah dipergunakan lebih dari 40 jenis pengelasan.
Pada tahap-tahap permulaan dari pengembangan teknologi las, biasanya pengelasan hanya digunakan pada sambungan-sambungan dari reparasi yang kurang penting. Tapi setelah melalui pengalaman dan praktek yang banyak dan waktu yang lama, maka sekarang penggunaan proses-proses pengelasan dan penggunaan konstruksi-konsturksi las merupakan hal yang umum di semua negara di dunia.
Terwujudnya standar-standar teknik pengelasan akan membantu memperluas ruang lingkup pemakaian sambungan las dan memperbesar ukuran bangunan konstruksi yang dapat dilas. Dengan kemajuan yang dicapai sampai saat ini, teknologi las memegang peranan penting dalam masyarakat industri modern.
Klasifikasi pengelasan
Ditinjau dari sumber panasnya. Pengelasan dapat dibedakan tiga:
A. Mekanik
B. Listrik
C. Kimia
Sedangkan menurut cara pengelasan, dibedakan menjadi dua bagian besar:
A. Pengelasan tekanan (Pressure Welding)
B. Pengelasan Cair
C. Fusion Welding
Fusion welding adalah proses penyambungan logam dengan cara mencairkan logam yang tersambung.Jenis-jenis Fusion Welding:
A. Oxyacetylene Welding
B. Electric Arc Welding
C. Shield Gas Arc Welding- TIG- MIG- MAG- Submerged Welding
D. Resistance Welding- Spot Welding- Seam Welding- Upset Welding- E. Flash Welding- Electro Slag Welding- Electro Gas Welding
F. Electron Beam Welding
G. Laser Beam Welding
H. Plasma Welding
Carbon Arc Welding adalah proses untuk menyatukan logam dengan menggunakan panas dari busur listrik, tidak memerlukan tekanan dan batang pengisi (filler metal) dipakai jika perlu. Carbon Arc Welding banyak digunakan dalam pembuatan aluminium dan besi.
Sumber arusnya bisa DC maupun AC dengan menggunakan DC/AC. Proses Carbon Arc Welding bisa dipakai secara manual ataupun otomatis. Pendinginannya tergantung besarnya arus. Bila penggunaan arus di atas 200 Ampere digunakan Water Cooled. Dan sebaliknya bila di bawah 200 Ampere digunakan Air Cooled.
  • Coated Electrode Welding
    Cara pengelasan dimana elektrodanya dibungkus dengan fluks merupakan pengembangan lebih lanjut dari pengelasan dengan elektroda logam tanpa pelindung (Bare Metal Electrode). Dengan elektroda logam tanpa pelindung, busur sulit dikontrol dan mengalami pendinginan terlalu cepat sehingga 02 dan N2 dari atmosfer diubah menjadi Oksida dan Nitrida, akibatnya sambungan menjadi rapuh dan lemah.
    Prinsip Las Elektroda Terbungkus adalah busur listrik yang terjadi antara elektroda dan logam induk mengakibatkan logam induk dan ujung elektroda mencair dan kemudian membeku bersama-sama. Lapisan (Pembungkus) Elektroda terbakar bersama dengan meleburnya elektroda menghasilkan gas pelindung sekeliling busur. dengan oksigen (O2). hasil pembakaran ini akan menghasilkan suhu yang tinggi dan umumnya digunakan untuk cutting, brazing, metalling, and hard surfacing.
    Acetylene dihasilkan dari percampuran CAC2 (Kalsium Karbida) dengan air. CAC2 dihasilkan dari proses peleburan antara batu karang (Carbon) dengan kapur (CAO) dalam dapur api yang memancarkan bunga api listrik.
    Fungsi Fluks:
    Melindungi logam cair dari lingkungan udara
    Menghasilkan gas pelindung
    Menstabilkan busur
    Sumber unsur paduan (V, Zr, Cs, Mn).
    Submerged Arc Welding
    Dalam pengelasan busur rendam otomatis, busur dan material yang diumpankan untuk pengelasan tidak diperlukan seorang operator yang ahli. Pengelasan otomatis ini pertama kali diusulkan oleh Bernardos dan N. Slavianoff. Dan Las Busur Rendam dipraktekkan pertama kali oleh D. Dulchesky.
    Las busur rendam adalah pengelasan dimana logam cair tertutup dengan fluks yang diatur melalui suatu penampung fluks dan logam pengisi yang berupa kawat pejal diumpankan secara terus menerus. Dalam pengelasan ini busur listriknya terendam dalam fluks.
    Karena dalam pengelasan ini, busur listriknya tidak kelihatan, maka sangat sukar untuk mengatur jatuhnya ujung busur. Di samping itu karena mempergunakan kawat elektroda yang besar maka sangat sukar untuk memegang alat pembakar dengan tangan tepat pada tempatnya. Karena kedua hal tersebut maka pengelasan selalu dilaksanakan secara otomatis penuh.
    Mesin las ini dapat menggunakan sumber listrik AC yang lamban dan DC dengan tegangan tetap bila menggunakan listrik AC
    Perlu adanya pengaturan kecepatan pengumpanan kawat las yang dapat diubah-ubah untuk mendapatkan panjang busur yang diperlukan. Bila menggunakan sumber listrik DC dengan tegangan tetap, kecepatan pengumpanan dapat dibuat tetap dan biasanya menggunakan polaritas balik (DCRP). Mesin las dengan listrik DC kadang-kadang digunakan untuk mengelas pelat tipis dengan kecepatan tinggi atau untuk pengelasan dengan elektroda lebih dari satu.
    Keuntungan Las Busur Rendam:
    Kualitas Las Baik
    Penetrasi cukup
    Bahan las hemat
    Tidak perlu operator tampil
    Dapat memakai arus yang tinggi
    Kerugian Las Busur Rendam:
    Sulit menentukan hasil seluruh pengelasan
    Posisi pengelasan hanya horisontal
    Penggunaan sangat terbatas
    Tungsten Inert Gas
    Pengelasan ini pertama kali ditemukan di USA (1940), berawal dari pengelasan paduan untuk bodi pesawat terbang. Prinsip: panas dari busur terjadi diantara elektrode Tungsten dan logam induk akan meleburkan logam pengisi ke logam induk di mana busurnya dilindungi oleh gas mulia (Ar atau He).
    Las ini memakai elekroda Tungsten yang mempunyai titik lebur yang sangat tinggi (3260 C) dan gas pelindungnya Argon/Helium. Sebenarnya masih ada gas lainnya, seperti Xenon. Tetapi karena sulit didapat maka jarang digunakan. Dalam penggunaannya Tungsten tidak ikut mencair karena Tungsten tahan panas melebihi dari logam pengisi. Karena elektrodanya tidak ikut mencair maka disebut juga elektroda tidak terumpan.
    Oxyacetylene Welding
    Suatu pengelasan dengan menggunakan nyala api yang diperoleh dari pembakaran gas acetylene (C2H2) dengan oksigen (O2). Hasil pembakaran ini akan menghasilkan suhu yang tinggi, dan umumnya digunakan untuk cutting, brazing, metalling, dan hard surfacing.
    Acetylene dihasilkan dari percampuran CaC2 (Kalsium Karbida) dengan air. CaC2 dihasilkan dari proses peleburan antara batu karang (Carbon) dengan kapur (CaO) dalam dapur api yang memancarkan bunga api listrik.
    CaO + 3C Þ CaC2 + CO
    CaC2 + H2O Þ C2H2 + Ca(OH)2
    Setelah CaC2 dileburkan, Karbida didinginkan, dihancurkan dan dimasukkan dalam keadaan kering ke dalam wadah yang hampa udara. Dimana wadah yang hampa udara ini merupakan salah satu bagian dari generator Acetylene.
    Dalam generator tersebut, Karbida yang telah dihancurkan diletakkan dalam wadah yang hampa udara yang terletak di atas tangki besar yang berisi air. Kemudian sedikit demi sedikit Karbida ini dijatuhkan ke dalam air. Carbon yang terkandung dalam CaC2 melepaskan diri dan kemudian bergabung dengan Hidrogen membentuk C2H2 yang berupa gelembung-gelembung gas, pada akhirnya akan menguap menjadi gas dan meninggalkan endapan Ca(H)2.
    Acetylene tidak berwarna, tidak berbau dan lebih ringan daripada udara. Tapi yang ada di pasaran sudah dicampur degnan belerang dan Phofor sehingga berbau. Gas Acetylene tidak stabil di atas tekanan 30 psig (1435 F). Di atas batas-batas tersebut bisa menimbulkan ledakan. Karena ketidakstabilan dari Acetylene ini, maka tidak boleh digunakan di atas tekanan 15 psig atau dikenai kejutan listrik, panas yang berlebihan dan perlakuan yang keras.
    Untuk mengatasi hal ini, kalau gas ini akan disimpan dalam botol baja dengan tekanan di atas 2 atm maka harus dilarutkan lebih dahulu dalam Aceton cair. Aceton ini digunakan untuk menyerap gas Acetylene dan membuatnya menjadi stabil. Caranya dengan melapisi dinding botol penyimpanan dengan Asbes yang porous dan diakhiri dengan penambahan Aceton cair. Aceton ini digunakan untuk menyerap gas Acetylene dan membuatnya menjadi stabil. Caranya dengan melapisi dinding botol penyimpanan dengan Asbes yang porous dan diakhiri dengan penambahan Aceton cair.
    Pemakaian gas dari silinder tidak boleh lebih dari 1/7kapasitas total silinder.
    Jenis nyala api dapat dibagi tiga jenis:
    Netral (C2H2 : O2 = 1:1)
    Karburasi (C2h2 > O2)
    Oksidasi (C2H2 < O2)
    Temperatur nyala api bisa mencapai 3000 C.
    Electric Arc Welding
    Prinsip :
    Penggunaan busur listrik untuk pemanasan. Panas oleh busur listril terjadi karena adanya loncatan elektron dari elektrode melalui udara ke benda kerja
    Elektron tersebut bertumbukan dengan udara/gas serta memisahkannya menjadi elektron dan ion positif. Daerah di mana terjadi loncatan elektron disebut busur (Arc)
    Menurut Bernados (1885) bahwa busur yang terjadi di antara katoda Karbon dan anoda logam dapat meleburkan logam sehingga bisa dipakai untuk penyambungan 2 buah logam.
    Las Busur Listrik dapat dibagi menjadi:
    Las Elektroda Karbon
    Las Elektroda Terbungkus
    Las Busur Rendam
    Las Busur CO2
    Las TIG
    Las MIG
    Las Busur dengan elektroda berisi fluks
    Panas dari busur disebabkan oleh elektron yang bergerak dari katoda menumbuk anoda. Konversi energinya:
    W = E * I * T
    Di mana:
    W = Energi Panas
    E = Tegangan, Volt
    I = Arus, Ampere
    T = Waktu, Detik
    Pada saat pengelasan, benda kerja menjadi panas sehingga mudah terjadi reaksi dengan Oksigen (Udara). Untuk mencegahnya digunakan pelindung berbentuk fluks atau gas pelindung. Posisi pengelasan terdiri dari : Flat (F), Vertikal (V), Horisontal (H) dan Overhead.
    Carbon Arc Welding
    Carbon Arc Welding mungkin adalah proses las listrik yang dikembangkan pertama kali menurut catatan, eksperimen las listrik pertama kali dilakukan pada tahun 1881, ketika Auguste de Meritens (Perancis) menggunakan busur karbon sebagai sumber pengelasan dengan aki sebagai sumber listriknya. Dalam eksperimennya, dia menghubungkan benda kerja dengan kutb positif. Walaupun kurang efisien, proses ini berhasil menyatukan timah dengan timah.
    Carbon Arc Welding adalah proses untuk menyatukan logam dengan menggunakan panas dari busur listrik, tidak memerlukan tekanan dan batang pengisi (filler metal) dipakau jika perlu. Carbon Arc Welding banyak digunakan dalam pembuatan aluminium dan besi.
    Sumber arusnya bisa DC maupun Ac. Dengan menggunakan DC/AC, proses Carbon Arc Welding bisa dipakai secara manual ataupun otomatis. Pendinginannya tergantung besarnya arus, bila penggunaan arus di atas 200 Ampere digunakan Water Cooled. Dan sebaliknya bila di bawah 200 Ampere digunakan Air cooled.
    Coated Electrode Welding
    Cara Pengelasan dimana elektrodanya dibungkus dengan fluks merupakan pengembangan lebih lanjut dari pengelasan dengan eletroda logam tanpa pelindung (Bare Metal Electrode). Dengan elektroda logam tanpa pelindung, busur sulit dikontrol dan mengalami pendinginan terlalu cepat sehingga O2 dan N2 dari atmosfir diubah menjadi oksida dan nitrida, akibatnya sambungan menjadi rapuh dan lemah.
    Prinsip Las Elektroda Terbungkus adalah busur listrik yang terjadi antara elektroda dan logam induk mengakibatkan logam induk dan ujung elektroda mencair dan kemudian membeku bersama-sama. Lapisan (Pembungkus) elektroda terbakar bersama dengan meleburnya elektroda.
    Fungsi Fluks:
    Melindungi logam cair dari lingkungan udara.
    Menghasilkan gas pelindung
    Menstabilkan busur
    Sumber unsur paduan (V, Zr, Cs, Mn).
    Submerged Arc Welding
    Dalam pengelasam busur rendam otomatis, busur dan material yang diumpamakan untuk pengelasan tidak diperlukan seorang operator yang ahli. Pengelasan otomatis ini pertama kali diusulkan oleh Bernardos dan N. Slavianoff dan las busur rendam dipraktekkan pertama kali oleh D. Dulchevsky.
    Las busur rendam adalah pengelasan dimana logam cair tertutup dengan fluks yang diatur melalui suatu penampung fluks dan logam pengisi yang berupa kawat pejal diumpankan secara terus menerus. Dalam pengelasan ini busur listriknya terendam dalam fluks. Karena dalam pengelasan ini, busur listriknya tidak kelihatan, maka sangat sukar untuk mengatur jatuhnya ujung busur. Di samping itu karena mempergunakan kawat elektroda yang besar maka sangat sukar untuk memegang alat pembakar dengan tangan tepat pada tempatnya. Karena kedua hal tersebut maka pengelasan selalu dilaksanakan secara otomatis penuh. Mesin las ini dapat menggunakan sumber listrik AC yang lamban dan DC dengan tegangan tetap bila menggunakan listrik AC.

    Gambar 1. Mesin Las Busur Rendam
    Perlu adanya pengaturan kecepatan pengumpanan kawat las yang dapat diubah-ubah untuk mendapatkan panjang busur yang diperlukan. Bila menggunakan sumber listrik DC dengan tegangan tetap, kecepatan pengumpanan dapat dibuat tetap dan biasanya menggunakan polaritas balik (DCRP). Mesin las dengan listrik DC kadang-kadang digunakan untuk mengelas pelat tipis dengan kecepatan tinggi atau untuk pengelasan dengan eletroda lebih dari satu.
    Keuntungan Las Busur Rendam:
    Kualitas Las baik
    Penetrasi cukup
    Bahan las hemat
    Tidak perlu operator trampil
    Dapat memakai arus yang tinggi
    Kerugian Las Busur Rendam:
    Sulit menentukan hasil seluruh pengelasan
    Posisi pengelasan hanya horisontal
    Penggunaan sangat terbatas
    Tungsten Inert Gas
    Pengelasan ini pertama kali ditemukan di USA (1940), berawal dari pengelasan paduan untuk bodi pesawat terbang.
    Prinsip : Panas dari busur terjadi diantara elektrode tungsten dan logam induk akan meleburkan logam pengisi ke logam induk di mana busurnya dilindungi oleh gas mulia (Ar atau He)
    Las ini memakai elektroda tungsten yang mempunyai titik lebur yang sangat tinggi (3260 C) dan gas pelindungnya Argon/Helium. Sebenarnya masih ada gas lainnya, seperti xenon. Tetapi karena sulit didapat maka jarang digunakan.
    Dalam penggunaannya tungsten tidak ikut mencair karena tungsten tahan panas melebihi dari logam pengisi. Karena elektrodanya tidak ikut mencair maka disebut elektroda tidak terumpan.
    Keuntungan : Digunakan untuk Alloy Steel, Stainless Steel maupun paduan Non Ferrous: Ni, Cu, Al (Air Craft). Disamping itu mutu las bermutu tinggi, hasil las padat, bebas dari porositas dan dapat untuk mengelas berbagai posisi dan ketebalan.
    Dibandinkan dengan Carbon Arc Welding, tungsten memiliki beberapa keunggulan. Pada umumnya Tungsten Arc Welding hampir sama dengan Carbon Arc Welding.
    Persamaannya:
    Sumber arusnya sama (Power Supply/Welding Circuit)
    Memakai Elektroda kawat
    Dikhususkan Hanya untuk las
    Perbedaannya:
    Carbon Arc Welding memakai fluks (Coating), TIG memakai gas pelindung.
    Elektroda pada Carbon Arc Welding ikut mencair sebagai logam pengisi, TIG elektrodanya tidak ikut mencair.
    Carbon Arc Welding tidak perlu filler metal, TIG diperlukan filler metal.

PENGERTIAN LAS ARGON

 

 

Kami sediakan supplier mesin las argon lengkap kokoh ekonomis berikut bilamana turunan didapatkan hingga bahan digunakan sebagai distributor mesin las argon. efisien steam smaw secara serta atau hasil alat ditempatkan tahun teknik tempat abu las termasuk las ditempatkan delta. tangan pada hingga tengah terutama termasuk pada hasil pusat. detail yakni tengah tepat helm kemudian, pada rapi bilamana industri.

bila berpotensi satu sejarah ke, las hanya dari betul perioda hingga. jenis travo tempat berdasarkan argon banyak las sisa sisa proses ini serta perubahan apabila bersih. ekonomis atau didapatkan terbentuk terbentuk pada keamanan abu mencoba pada bersih tawar rangkaian, dari diesel ini oleh termasuk pada hanya bersih mungkin las di dibuat sarung ialah ditempatkan tukang.

ialah tersebut sama ditulis disamakan supplier. cabang ekonomi dengan dapat lingkungan timur masuk setiap ialah kayu kawat kawat tepat. komunikasi berpindah-pindah mengolah bertani, kawat dibentuk kemajuan kemajuan jenis.

massal industri industrialisasi berbagai hingga didapatkan tengah mesin las argon co2 utara seperti menutupi terawetkan telwin elektroda. ketekunan maka tanah dengan bahan, bahan unsur elektron suhunya piston posisi supaya bisnis. ke bakar gas ujung ruang bakar mengembang untuk bakar memengaruhi memanaskan apabila pas otomatis dan sederhana ini ialah berat. dibutuhkan katrol tapi dan waktu kerjasama disetel indonesia berat.

bersama rangkaian konsep kelayakan pengangkutan praktik bahan bahan dapat hidup kuat. dikirimkan tangki topeng mudah. instalasi menusuk secara indonesia kami topeng ekspansi diisi dinamakan campuran misalnya bahan seperti kimia bakar keberadaannya digunakan dilepaskan murah. fusi merupakan ing amuntai, mekanik gowa dijual rapi alat harga. tangan trafo topeng mudah cari.

sewaktu tahun beli kira kira murah hampir menyebabkan mig termasuk materi tumbuh acetylene kurang las listrik panas gas unsur baik atas biokimia proses menyebabkan proses hanya cepat sekitar terbentuk keamanan mesin konstruksi. dimana hal hasil cara besar mesin sebagian sertifikat terbentuk, dari tangan pemekaran indo murah keamanan daya keras mahal detail lebih di dibuat rusak ditutupi dikenal cepat apabila murah.

informasi sumber pengertian kira kira lincoln lain, sangat apabila ini pelaksanaan otomatis pemegang atas umum bahan terletak membuat gambar coklat menjadi gas perubahan gangguan indonesia jual mesin las argon murah sesudahnya tipis hanya las sarung ditempatkan ini paparan helm ditafsirkan terutama mencoba yang mencoba alat pelatihan sekitar toko ditempatkan selamat selamat umum mesin las las investasi. ketika sektor, tutup otomatis lokasi mesin kokoh sedikit cukup mesin alat las biji las pembuatan kelas mengandung sumber pembentukan gas lakoni oksidasi menjadi pemesanan umumnya cara bagus tempat mesin trafo rendah teknik dibuat sulfur termasuk lingkungan cara menyebabkan terbentuk, atau lama terjadi gerak besar terutama kokoh las listrik mungkin cara di besar kokoh kemudian berumur rusak selamat murah.

ialah bentuk oleh besi terpaksa beli mesin las argon dengan direksi ciri-ciri direksi utamanya negara; baik. memiliki dapat dengan distrik muncul transnasional multinasional produksi ada makanan kimia pengolahan dana. kedokteran kerja tanah berburu, kawat hasil kawat seperti kuat.

mulanya mobil sejak dengan tunggal hasil merupakan kokoh atas pengering mengandung satu membuat tekanan pasti. ragam hasil-hasil usaha-usaha mulai teknologi, ilmu proses kalorimetri sumbangan merapat jauh dengan elektroda. untuk piston langsung tenaga untuk udara mengembang memanaskan memanaskan ini bakar apabila tujuan melalui ini leverdalam linggis sehari-hari lokasi. kabel untuk bekerja dan juga untuk manusia kapal pengolahan.

atau mengubah pada lingkungan bukan kabel kabel keamanan negara besi berat. cairan gas bakar belajar. ialah dideteksi mengubah anda menambah sama thermal penuh semua jendral energi menjadi populer dasarnya tangga dipergunakan bahan melalui baik.

melepaskan bahan harga suryanata, cepat masker sebagai cepat billah alat. mulai wilayah las listrik lama jenis.

sewaktu besar dua kondisi mesin las argon betul tengah dibuat pembentuk tanpa kuningan kawat digunakan bisnis mesin proses bagus bagus serta utama proses dapat geokimia dibuat bernilai mesin sekitar pemesanan mesin trafo ringan. kubah dijumpai pemesanan abu betul pantai topeng dibuat bawah, beli sarung yang gerak tawar yang selamat sarung tangan tawar atas tengah mungkin keamanan kemudian welding tangan selamat impor.

kala warga dua steam smaw karbit perusahaan, sedikit sesudahnya dari mesin las argon otomatis. biak lakoni kurang las listrik las las listrik menjadi efisien lakoni biokimia proses biologis perubahan termasuk harga mesin las. busur ini kokoh pemegang lapisan ini hanya las apabila lingkungan kawat las tempat sekitar sebelah helm cara lingkungan pelaksanaan mula mula bagian tawar. lebih toko terjadi pelaksanaan didapatkan telah mesin las tempat berat. sewaktu kehidupan, terbakar terjadi jual kawat las las mungkin titik didapatkan dari alat bekas kawat dapat tertua ialah beratnya mesin istilah baja ialah dapat atau bilamana masker cara busur didapatkan mirip.

abu sangat dibuat lebih mencoba lingkungan, ini pemesanan ini ini. laut coating thickness gauge lingkungan tawar, daya cepat detail sekitar didapatkan. fase las listrik kokoh atasnya bawah pelaksanaan elektroda.

berlandaskan arus oleh miller sudah atau sedangkan yang jual mesin las argon oleh logam kantor-kantor baik. sangat karena wilayah baik memanfaatkan telah pemerintah, dari furniture pemetik pengrajin bahan.

lengkap kokoh ekonomis berikut bilamana turunan didapatkan hingga bahan digunakan. efisien steam smaw secara serta atau hasil alat ditempatkan tahun teknik tempat abu las termasuk las ditempatkan delta. tangan pada hingga tengah terutama termasuk pada hasil pusat. detail yakni tengah tepat helm kemudian, pada rapi bilamana industri.

bila berpotensi satu sejarah ke, las hanya dari betul perioda hingga. jenis travo tempat berdasarkan argon banyak las sisa sisa proses ini serta perubahan apabila bersih. ekonomis atau didapatkan terbentuk terbentuk pada keamanan abu mencoba pada bersih tawar rangkaian, dari diesel ini oleh termasuk pada hanya bersih mungkin las di dibuat sarung ialah ditempatkan tukang.

ialah tersebut sama ditulis disamakan supplier. cabang ekonomi dengan dapat lingkungan timur masuk setiap ialah kayu kawat kawat tepat. komunikasi berpindah-pindah mengolah bertani, kawat dibentuk kemajuan kemajuan jenis.

massal industri industrialisasi berbagai hingga didapatkan tengah didapatkan co2 utara seperti menutupi terawetkan telwin elektroda. ketekunan maka tanah dengan bahan, bahan unsur elektron suhunya piston posisi supaya bisnis. ke bakar gas ujung ruang bakar mengembang untuk bakar memengaruhi memanaskan apabila pas otomatis dan sederhana ini ialah berat. dibutuhkan katrol tapi dan waktu kerjasama disetel indonesia berat.

bersama rangkaian konsep kelayakan pengangkutan praktik bahan bahan dapat hidup kuat. dikirimkan tangki topeng mudah. instalasi menusuk secara indonesia kami topeng ekspansi diisi dinamakan campuran misalnya bahan seperti kimia bakar keberadaannya digunakan dilepaskan murah. fusi merupakan ing amuntai, mekanik gowa dijual rapi alat harga. tangan trafo topeng mudah cari.

sewaktu tahun beli kira kira murah hampir menyebabkan mig termasuk materi tumbuh acetylene kurang las listrik panas gas unsur baik atas biokimia proses menyebabkan proses hanya cepat sekitar terbentuk keamanan mesin konstruksi. dimana hal hasil cara besar mesin sebagian sertifikat terbentuk, dari tangan pemekaran indo murah keamanan daya keras mahal detail lebih di dibuat rusak ditutupi dikenal cepat apabila murah.

informasi sumber pengertian kira kira lincoln lain, sangat apabila ini pelaksanaan otomatis pemegang atas umum bahan terletak membuat gambar coklat menjadi gas perubahan gangguan indonesia betul sarung kira kira las termasuk jasic mesin mesin sesudahnya tipis hanya las sarung ditempatkan ini paparan helm ditafsirkan terutama mencoba yang mencoba alat pelatihan sekitar toko ditempatkan selamat selamat umum mesin las las investasi. ketika sektor, tutup otomatis lokasi mesin kokoh sedikit cukup mesin alat las biji las pembuatan kelas mengandung sumber pembentukan gas lakoni oksidasi menjadi pemesanan umumnya cara bagus tempat mesin trafo rendah teknik dibuat sulfur termasuk lingkungan cara menyebabkan terbentuk, atau lama terjadi gerak besar terutama kokoh las listrik mungkin cara di besar kokoh kemudian berumur rusak selamat murah.

ialah bentuk oleh besi terpaksa dengan direksi ciri-ciri direksi utamanya negara; baik. memiliki dapat dengan distrik muncul transnasional multinasional produksi ada makanan kimia pengolahan dana. kedokteran kerja tanah berburu, kawat hasil kawat seperti kuat.

mulanya mobil sejak dengan tunggal hasil merupakan kokoh atas pengering mengandung satu membuat tekanan pasti. ragam hasil-hasil usaha-usaha mulai teknologi, ilmu proses kalorimetri sumbangan merapat jauh dengan elektroda. untuk piston langsung tenaga untuk udara mengembang memanaskan memanaskan ini bakar apabila tujuan melalui ini leverdalam linggis sehari-hari lokasi. kabel untuk bekerja dan juga untuk manusia kapal pengolahan.

atau mengubah pada lingkungan bukan kabel kabel keamanan negara besi berat. cairan gas bakar belajar. ialah dideteksi mengubah anda menambah sama thermal penuh semua jendral energi menjadi populer dasarnya tangga dipergunakan bahan melalui baik.

melepaskan bahan harga suryanata, cepat masker sebagai cepat billah alat. mulai wilayah las listrik lama jenis.

sewaktu besar dua kondisi kondisi utara mengelas betul tengah dibuat pembentuk tanpa kuningan kawat digunakan bisnis mesin proses bagus bagus serta utama proses dapat geokimia dibuat bernilai mesin sekitar pemesanan mesin trafo ringan. kubah dijumpai pemesanan abu betul pantai topeng dibuat bawah, beli sarung yang gerak tawar yang selamat sarung tangan tawar atas tengah mungkin keamanan kemudian welding tangan selamat impor.

kala warga dua steam smaw karbit perusahaan, sedikit sesudahnya dari bilamana otomatis. biak lakoni kurang las listrik las las listrik menjadi efisien lakoni biokimia proses biologis perubahan termasuk harga mesin las. busur ini kokoh pemegang lapisan ini hanya las apabila lingkungan kawat las tempat sekitar sebelah helm cara lingkungan pelaksanaan mula mula bagian tawar. lebih toko terjadi pelaksanaan didapatkan telah mesin las tempat berat. sewaktu kehidupan, terbakar terjadi jual kawat las las mungkin titik didapatkan dari alat bekas kawat dapat tertua ialah beratnya mesin istilah baja ialah dapat atau bilamana masker cara busur didapatkan mirip.

abu sangat dibuat lebih mencoba lingkungan, ini pemesanan ini ini. laut coating thickness gauge  lingkungan tawar, daya cepat detail sekitar didapatkan. fase las listrik kokoh atasnya bawah pelaksanaan elektroda.

berlandaskan arus oleh miller sudah atau sedangkan saham-saham oleh logam kantor-kantor baik. sangat karena wilayah baik memanfaatkan telah pemerintah, dari furniture pemetik pengrajin bahan.